Jumat , 7 Mei 2021

KARANGJAMBE LAKSANAKAN BIMTEK PENDATAAN SDGs DESA TAHUN 2021

Bimtek Relawan SDGs Karangjambe

karangjambe.desa.id – Jum’at (9/4) bertempat di Aula Kantor Balai Desa Karangjambe. Pemerintah Desa Karangjambe mengundang Tim Pokja Relawan Pemutakhiran SDGs mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan SDGs Desa Tahun 2021.

Bimtek Pendataan SDGs Desa ini dibuka oleh Kepala Desa Karangjambe, Sunardi selaku Pembina Tim Pokja Pemutakhiran Data SDGs.

Sambutan Kepala Desa Karangjambe

Ujang Yuli Prianto selaku Ketua Tim SDGs juga menguraikan pelaksanaan Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota tim pendata tentang tata cara pengisian kuisioner SDGs sehingga para petugas dapat melaksanakan tugas secara benar sesuai kebutuhan data yang ada dalam aplikasi SDGs.

”Adapun tujuan pelaksanaan Bimbingan teknis ini untuk memberikan pemahaman kepada anggota tim pendata tentang tata cara pengisian kuisioner SDGs sehingga para petugas dapat melaksanakan tugas secara benar sesuai kebutuhan data yang ada dalam aplikasi SDGs,” ujar Ujang.

Bimbingan teknis menghadirkan pemateri dari Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa Tekhnik Infrastruktur Kecamatan Padamara.

Pendamping Desa Tekhnik Infrastruktur, yang juga pembawa materi, Aan Solekhan menjelaskan, setidaknya ada 18 sasaran dan tujuan pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, hanya saja untuk tahun ini ada 10 sasaran yang diprioritaskan secara nasional dan untuk tahun depan akan diupayakan semuanya.

Aan menambahkan, target pendataan berlangsung mulai 1 April dan diharapkan selesai 30 Mei. “Pendataan ini dalam operasionalnya menggunakan aplikasi SDGs sehingga setelah pendataan home visit oleh relawan dilaksanakan, bisa dilanjutkan penginputan data oleh operator yang ditunjuk oleh Ketua Tim Relawan SDGs,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Pendamping Lokal Desa, Lu’luul Maknunah juga menyampaikan beberapa poin penting tentang SDGs yaitu dengan pendataan SDGs ini maka Kondisi Desa dapat diketahui, SDGs sebagai dasar pembangunan perencanaan di Desa, serta pembangunan di Desa menjadi lebih terarah.

Untuk mendapatkan pendataan yang maksimal, semua Tim Relawan juga harus menyampaikan informasi pendataan SDGs ini kepada semua warga masyarakatnya bahwa warga masyarakat harus menyampaikan data dan informasi yang sebenar-benarnya kepada petugas pendata. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *