Minggu , 18 April 2021

Kampung Siaga Wujudkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

KARANGJAMBE, PADAMARA – Di tengah pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat dari Misro, salah seorang Kepala Dusun di Desa Karangjambe untuk melaksanakan kegiatan peningkatan ketahanan pangan dengan cara budidaya ikan lele dan penanaman sayur mayur seperti kangkung dan bayam, baik dengan organik maupun dengan sistem aquaponik. Aquaponik sendiri merupakan sistem bercocok tanam yang memanfaatkan limbah kotoran dari lele untuk menjadi nutrisi pertumbuhan tanaman.

Kapolsek Padamara Kunjungi Budidaya Lele

Kegiatan budidaya lele dan tanam sayuran ini selaras dengan program Pemerintah Jawa Tengah yaitu Kampung Siaga, salah satunya adalah peningkatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah.

Menurut Misro, dampak pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap perekonomian warga khususnya di wilayah Karangjambe. sehingga diharapkan masyarakat pun ikut tanam sayuran untuk konsumsi sehari-hari.

AKP Tri Arjo Irianto, S.Sos,M.Si, selaku Kapolsek Padamara, langsung berkunjung dilokasi budidaya lele dan sayuran aquaponik untuk meninjau kegiatan masyarakat yang nantinya untuk Kampung Siaga terkait dengan ketahanan pangan di tengah pandemi covid19.

” Kami berharap dengan adanya budidaya lele maupun sayuran bisa menunjang perekonomian , sehingga masyarakat tidak tergantung dengan adanya bantuan baik BLT Dana Desa maupun bantuan dari pemerintah lainnya” ujarnya . (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *